Back
News
E-commerce

Aman Transaksi COD: 7 Tips Untuk Seller E-Commerce!

avatar
SEO Writer
17 Apr 2024
Share:
FacebookTwitterWhatsapp
Aman Transaksi COD: 7 Tips Untuk Seller E-Commerce!

COD masih menjadi metode pembayaran yang populer di Indonesia. Simak 7 Tips aman menggunakan menggunakan metode COD.

Teman Ethix, transaksi Cash on Delivery (COD) masih menjadi metode pembayaran yang populer di Indonesia, terutama untuk transaksi bernilai kecil dan di daerah pedesaan.

Menurut laporan Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) dalam survei bertajuk Indonesian e-Commerce Consumer Behavior Report 2023, 61,4% responden mengaku telah menggunakan Cash on Delivery (COD) dalam setahun terakhir di tahun 2023


COD merupakan salah satu metode pembayaran yang memungkinkan konsumen melakukan pembayaran saat barang diterima. Dalam metode ini, pembeli tidak perlu melakukan pembayaran di awal, melainkan cukup membayar saat kurir mengantarkan pesanan.


Di tahun 2023, pertumbuhan transaksi COD mulai melambat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap e-commerce sehingga mereka lebih berani mencoba metode pembayaran lain, dan promosi gencar dari platform e-commerce untuk mendorong penggunaan metode pembayaran digital.


Meskipun tren COD mulai melambat, metode pembayaran ini masih menjadi pilihan bagi banyak konsumen e-commerce di Indonesia. Hal ini terutama disebabkan oleh rasa aman dan kemudahan yang ditawarkan COD, di samping faktor kebiasaan masyarakat yang lebih terbiasa dengan pembayaran tunai.


Kali ini Ethix akan memberikan 7 tips untuk para seller agar transaksi COD aman dan nyaman.



1. Tetapkan Batasan Nominal Transaksi COD

Beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia memungkinkan seller untuk menetapkan batasan nominal transaksi COD. Manfaatkan fitur ini untuk membatasi risiko kerugian Teman Ethix Sebaiknya, atur batas nominal transaksi COD yang sesuai dengan kemampuan modal bisnismu.


2. Konfirmasi Ulang Setiap Pesanan COD

Salah satu risiko utama dalam transaksi COD adalah ketidaksesuaian antara pesanan yang dikirim dengan penerima di lapangan.


Penerima mungkin tidak berada di rumah, alamat tidak dapat ditemukan, atau konsumen memberikan informasi palsu. Untuk menghindari kerugian waktu dan biaya pengiriman ulang, sangat penting bagi Teman Ethix untuk selalu mengkonfirmasi ulang setiap pesanan COD sebelum dikirim.


Hubungi pembeli untuk mengkonfirmasi alamat pengiriman, pastikan mereka akan berada di tempat saat paket tiba, dan dapatkan nomor telepon darurat untuk mengantisipasi kendala.



3. Perhatikan Ulasan Pembeli

Sebelum menerima pesanan COD, perhatikan ulasan pembeli di toko onlinemu. Hindari menerima pesanan COD dari pembeli yang sering menulis ulasan negatif.


Faktanya banyak konsumen e-commerce Indonesia yang masih belum memahami prosedur pembayaran COD dengan benar. Tak jarang mereka membuka paket lebih dulu sebelum membayar, lalu komplain dan menolak menerima barang.


Padahal, seharusnya mereka dapat mengajukan komplain dan mengembalikan produk sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk menghindari situasi merugikan seperti ini, Teman Ethix sebaliknya melakukan pengecekan terhadap riwayat dan reputasi pembeli sebelum menyetujui pesanan COD.


4. Batasi Jangkauan Layanan COD

Aksesibilitas dan ketersediaan sumber daya manusia yang terbatas masih menjadi tantangan di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi ini meningkatkan risiko keterlambatan atau kegagalan pengiriman barang melalui COD.


Untuk memitigasi potensi kerugian, sebaiknya kamu membatasi jangkauan layanan COD hanya pada daerah-daerah yang dapat dijamin keterjangkauannya. Evaluasi terus-menerus terhadap area layanan COD perlu dilakukan seiring perkembangan infrastruktur di berbagai daerah.


5. Packing Barang dengan Rapi dan Aman

Pastikan Teman Ethix mengemas barang dengan rapi dan aman sebelum diserahkan kepada kurir. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan barang selama proses pengiriman dan menjaga kualitas barang agar pembeli puas.



6. Informasikan Prosedur COD Dengan Jelas

Tidak ada salahnya memberitahu dan mengingatkan kembali pembeli tentang prosedur pembayaran COD, seperti meminta mereka untuk memeriksa kembali alamat pengiriman hingga memperingatkan mereka agar melakukan pembayaran saat barang diterima.


Teman Ethix juga dapat menghubungi pelanggan secara langsung, terutama jika mereka tidak memberikan respons terhadap komunikasi via chat di marketplace, dan meminta mereka untuk merekam video unboxing. Hal ini untuk memastikan pesanan sesuai dengan ekspektasi pembeli dan meminimalisir potensi masalah.


7. Gunakan Layanan Jasa Pengiriman Terpercaya

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan layanan jasa pengiriman terpercaya untuk mengantarkan barang kepada pembeli. Hal ini dapat membantu Teman Ethix menghindari risiko penipuan dan memberikan rasa aman bagi seller dan pembeli.


Menerapkan metode pembayaran COD di e-commerce memang memiliki tantangannya tersendiri. Namun, dengan mengikuti 7 tips di atas, kamu dapat dengan aman mengelola transaksi COD dan meminimalisir risiko kerugian.



Jika masih kesulitan, jangan ragu untuk hubungi Ethix untuk bertanya-tanya seputar layanan COD yang aman dan terpercaya.


Ethix menyediakan solusi pembayaran COD yang terintegrasi dengan berbagai jasa ekspedisi ternama, sehingga kamu bisa fokus mengembangkan bisnismu tanpa khawatir masalah pembayaran dan pengiriman. Konsultasikan kebutuhan toko online-mu sekarang juga!

Share:
FacebookTwitterWhatsapp
ethix-indonesia

Ethix Indonesia

https://ethix.id/

A Jakarta-based e-logistics solutions company equipped with experienced management team in warehouses industry, integrated warehouse management system with standard business process and infrastructure, ethix.id aims to ease your way in growing phase.

Contact Us

Get in touch with the right people at Ethix.id, fill out the form or message us at via Whatsapp. We’ll put you in touch with the right team

By submitting, you agree to Ethix.id Privacy Policy

Category

    whatsapp