Back
News
Warehouse

Apa Itu Fulfillment Center? 6 Keunggulan Fulfillment Center Yang Wajib Kamu Ketahui

avatar
SEO Writer
23 Feb 2024
Share:
FacebookTwitterWhatsapp
Apa Itu Fulfillment Center? 6 Keunggulan Fulfillment Center Yang Wajib Kamu Ketahui

Fulfillment center hadir sebagai penyedia layanan yang fokus menangani fulfillment pada bisnis e-Commerce.

Kehadiran e-commerce telah mengubah proses bisnis, termasuk perilaku konsumen. Hasil riset dari Zebra Technologies menunjukkan bahwa 89% pelaku e-commerce setuju bahwa era e-commerce telah mendorong kebutuhan pengiriman cepat. Salah satu kuncinya adalah proses fulfillment yang mencakup pengelolaan pesanan, pengemasan, hingga pengiriman oleh pihak ketiga.


Ketika jumlah pesanan melonjak, proses ini bisa makan waktu dan menekan biaya operasional lebih tinggi. Oleh karena itu, hadirlah fulfillment center sebagai penyedia layanan yang fokus menangani fulfillment order pada bisnis e-commerce.


Apa Itu Fulfillment Center?

Fulfillment center adalah fasilitas penyimpanan besar yang sering dioperasikan oleh perusahaan logistik pihak ketiga (third party logistics). Persediaan diterima, disimpan, dan dikelola fulfillment center sampai terjadi proses pesanan. Ketika menerima pesanan, perusahaan logistic ini akan mengambil, mengemas, dan mengirim produk ke pelanggan.

Persediaan stok barang di fulfillment center berputar cepat karena tidak ditujukan untuk penyimpanan jangka panjang. Semakin lama persediaan menumpuk, semakin tidak menguntungkan bagi penjual maupun fulfillment center, dan bisa menyebabkan barang tidak terjual. 

Dalam hal ini, mengelola persediaan dan memprioritaskan SKU agar bisa berputar cepat sangatlah penting, mengingat tingkat ketersediaan ruangan gudang yang fluktuatif.


Keuntungan Menggunakan Fulfillment Center Untuk Bisnis E-commerce


Bagi pelaku bisnis e-commerce, keberadaan fulfillment center menawarkan berbagai keuntungan yang signifikan. Apa saja kelebihan tersebut?


Tanpa Infrastruktur Fisik

Fulfillment center menghilangkan kebutuhan Teman Ethix untuk memiliki dan memelihara lokasi fisik untuk menyimpan dan memproses pesanan. Ini dapat membantu bisnis Teman Ethix menghemat biaya yang cukup besar, seperti biaya sewa, tagihan utilitas, staf gudang, bahan pengemasan, dan biaya pengiriman.


Pemrosesan Pesanan Lebih Cepat

Fulfillment center umumnya memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesanan lebih cepat dibandingkan dengan kebanyakan penjual e-commerce yang melakukannya sendiri. Mereka biasanya menyediakan layanan logistik yang lebih efisien dan akurat.


Biaya Staf Yang Lebih Rendah

Teman Ethix tidak perlu lagi merekrut dan mengelola staf sendiri untuk menangani pesanan, yang pada gilirannya mengurangi beban terkait gaji dan pajak lainnya.


Pilihan Produk Yang Lebih Luas

Dengan menggunakan fulfillment center, penjual dapat menawarkan pilihan produk yang lebih luas dibandingkan jika mereka harus mengelola inventaris sendiri. Hal ini karena fulfillment center memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan kemampuan untuk menangani berbagai jenis produk.


Operasional Yang Skalabel

Fulfillment center biasanya mampu memproses puluhan, ratusan, bahkan ribuan pesanan per hari. Ini membantu penjual menjaga kelancaran pengiriman secara konsisten, terlepas dari fluktuasi volume pesanan.


Lebih Banyak Waktu Untuk Fokus Pada Strategi Bisnis

Fulfillment center memberikan perusahaan lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas-tugas strategis tanpa perlu khawatir tentang pemrosesan pesanan, fokus utama dapat beralih ke perencanaan pertumbuhan bisnis, seperti peningkatan brand awareness dan implementasi strategi pemasaran.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, fulfillment center dapat menjadi solusi yang tepat bagi bisnis e-commerce yang ingin meningkatkan efisiensi, mempercepat pengiriman, dan fokus pada pengembangan bisnis secara keseluruhan.


Perbedaan Fulfillment Center dan Distribution Center



Seringkali istilah gudang, fulfillment center, dan distribution center digunakan secara bergantian. Apakah Teman Ethix bisa membedakan ketiganya?


Gudang hanya mengacu pada fasilitas penyimpanan produk. Sebuah gudang bisa disebut sebagai fulfillment center atau distribution center berdasarkan kemampuannya. Distribution center umumnya berperan sebagai pusat dalam jaringan fulfillment center. Contohnya, untuk produk yang dikirim dari luar negeri, distribution center seringkali merupakan pemberhentian pertama ketika tiba di dalam negeri.


Distribution center bertugas mengelola dan memasok persediaan secara strategis ke fulfillment center di seluruh negeri. Model ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki kontrol yang lebih baik atas distribusi persediaan. Misalnya, mengurangi risiko kehabisan stok saat penjualan meningkat di berbagai wilayah.


Demikian ulasan lengkap tentang apa itu fulfillment center. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Teman Ethix yang ingin memahami tentang fulfillment lebih dalam.

Share:
FacebookTwitterWhatsapp
ethix-indonesia

Ethix Indonesia

https://ethix.id/

A Jakarta-based e-logistics solutions company equipped with experienced management team in warehouses industry, integrated warehouse management system with standard business process and infrastructure, ethix.id aims to ease your way in growing phase.

Contact Us

Get in touch with the right people at Ethix.id, fill out the form or message us at via Whatsapp. We’ll put you in touch with the right team

By submitting, you agree to Ethix.id Privacy Policy

Category

    whatsapp