
Omnichannel vs multichannel mana yang lebih baik untuk marketing bisnis Anda? Simak ulasan lengkap perbedaan keduanya!
“Omnichannel atau multichannel? Pilih yang bisa memudahkan Anda berkomunikasi dengan semua pelanggan menggunakan berbagai saluran.”
Omnichannel vs multichannel mana yang lebih baik untuk marketing bisnis Anda?
Di era digitalisasi ini Anda harus pandai memanfaatkan teknologi dalam berbisnis. Sayangnya tingkat penggunaan teknologi dalam bisnis masih cenderung rendah.[1] Salah satu penyebabnya adalah kurangnya informasi mengenai teknologi tersebut.
Padahal dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa memaksimalkan pemasaran produk atau jasa Anda.
Salah satu teknologi yang bisa Anda manfaatkan adalah omnichannel dan multichannel. Dua istilah ini sangat erat kaitannya dengan teknologi pemasaran modern. Omnichannel dan multichannel dalam pemasaran produk merupakan sebuah strategi komunikasi antara penjual dan pembeli.
Tentunya Anda sebagai penjual ingin memberikan pelayanan yang maksimal bukan kepada pelanggan? Anda harus memilih strategi komunikasi yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalani.
Ingin tahu apa itu omnichannel dan multichannel? Apa beda keduanya? Manakah yang lebih baik?
Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Pengertian Omnichannel dalam Bisnis Online
Omnichannel merupakan gabungan 2 kata yaitu omni dan channel. Omni sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya semua.
Sedangkan channel berasal dari bahasa latin yaitu canalis yang berarti saluran atau kanal. Jadi secara bahasa omnichannel mempunyai arti semua saluran.
Dalam strategi komunikasi bisnis, arti dari omnichannel adalah strategi komunikasi bisnis yang menghubungkan banyak channel sekaligus untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Konsep ini bertujuan agar penjual bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan melalui berbagai media.
Omnichannel memungkinkan penjual berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui berbagai media seperti toko fisik, media sosial, website, dan lain sebagainya. Semua channel ini tidak terpisah melainkan terhubung, jadi pelanggan bisa memilih salah satu channel yang sesuai dan senyamannya.
Dengan menggunakan teknologi omnichannel penjual juga lebih mudah karena semua channel sudah terhubung menjadi satu. Tidak perlu membuka satu per satu channel yang digunakan cukup membuka pusatnya. Hal ini tentu akan lebih memudahkan Anda bukan?
Sebagai contoh ketika Anda menggunakan omnichannel, pelanggan bisa belanja melalui toko online dan bisa retur langsung ke toko fisik. Contoh lainnya, pelanggan bisa membeli melalui website dan langsung bisa terhubung melalui media sosial lainnya untuk chat atau bertanya tentang produknya.
Pengertian Multichannel dalam Bisnis Online
Agar lebih jelas, Anda juga harus tahu apa arti dari multichannel. Multi juga berasal dari bahasa latin yang artinya bermacam-macam atau banyak. Jadi, multichannel adalah banyak saluran atau bermacam-macam saluran.
Dalam strategi komunikasi bisnis, multichannel merupakan strategi komunikasi yang memanfaatkan banyak channel sekaligus. Dengan banyaknya channel ini diharapkan kegiatan pemasaran atau marketing produk bisa lebih masif. Jangkauannya juga bisa menjadi lebih luas dan menyeluruh.
Contoh multichannel tidak jauh berbeda dengan omnichannel. Anda sebagai penjual bisa berkomunikasi dengan pelanggan dengan banyak channel seperti SMS, email, media sosial, website, dan lainnya. Hanya saja semua channel yang Anda gunakan tidak terhubung satu sama lain.
Ketika ada pelanggan yang membeli dari salah satu channel maka pesanannya tidak akan terhubung ke channel lain. Misalnya saja pelanggan membeli di toko online maka dia tidak bisa melakukan retur di toko offline Anda karena keduanya tidak saling terhubung.
Perbedaan Omnichannel dan Multichannel
Secara garis besar perbedaan omnichannel dan multichannel bukan pada channel yang Anda gunakan untuk marketing, melainkan dari teknologinya. Teknologi omnichannel akan menghubungkan semua channel yang Anda gunakan. Sedangkan teknologi multichannel tidak saling terhubung.
Selain itu, ada beberapa perbedaan lainnya antara omnichannel dan multichannel, yaitu:
1. Pesan yang Digunakan dalam Penjualan
Perbedaan yang pertama antara omnichannel dan multichannel adalah pesan yang digunakan dalam penjualan atau marketing. Dengan omnichannel pesan marketing yang Anda sebarkan bisa sama di semua channel. Berbeda dengan multichannel, setiap pesan marketing bisa berbeda karena setiap channel tidak saling terhubung.
Pesan marketing memang terlihat sederhana, namun jika ada perbedaan di setiap channel bisa menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan. Apalagi jika ada pesan yang saling bertentangan di beberapa channel. Hal ini bisa memengaruhi bisnis Anda.
2. Pengalaman Journey Pelanggan
Journey pelanggan dengan omnichannel marketing tentu akan berbeda dengan multichannel. Dengan menggunakan omnichannel pelanggan akan merasa lebih personal karena semua channel sudah terhubung.
Pelanggan menjadi lebih bebas memilih channel yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Omnichannel juga memungkinkan Anda berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai channel.
Berbeda dengan multichannel, walaupun lebih efektif namun pelanggan kurang merasa personal. Pengalaman pelanggan juga tidak bisa Anda rekam secara terpadu karena setiap saluran tidak terhubung.
3. Pengumpulan Data Pelanggan
Perbedaan yang selanjutnya ada pada pengumpulan data pelanggan. Dengan menggunakan omnichannel Anda bisa mengumpulkan data pelanggan dengan lebih mudah. Tidak akan ada data rangkap ataupun kurang data karena semua saluran sudah terhubung.
Namun, jika Anda menggunakan multichannel marketing maka Anda akan lebih sulit dalam mengumpulkan data pelanggan. Anda harus mengumpulkan data satu persatu. Selain memakan banyak waktu, kemungkinan salah pendataan juga kan lebih besar.
4. Interaksi dengan Pelanggan
Perbedaan omnichannel dan multichannel marketing yang lainnya adalah interaksi dengan pelanggan. Menggunakan omnichannel pelanggan bisa berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai channel sekaligus. Informasi yang pelanggan dapatkan juga semakin lengkap karena semua channel sudah terintegrasi.
Berbeda dengan multichannel, Anda hanya bisa berinteraksi dengan pelanggan menggunakan satu channel saja. Informasi yang didapatkan pelanggan juga terbatas karena setiap saluran tidak terhubung.
5. Hasil Personalitas Kampanye Bisnis
Ada lagi yang membedakan antara omnichannel dan multichannel yaitu hasil personalitas kampanye bisnis. Dengan omnichannel hasil personalitas kampanye bisnis Anda bisa lebih maksimal karena tidak akan ada informasi yang bertentangan.
Informasi yang jelas dan akurat di semua channel ini bisa menguatkan brand image bisnis Anda. Tingkat kepercayaan pelanggan bisa meningkat. Hal ini tentu bisa berdampak baik pada bisnis Anda.
Berbeda dengan multichannel, kemungkinan informasi yang bertentang antar channel masih bisa terjadi. Tentu saja hal ini bisa membuat pelanggan menjadi kurang percaya dan bisa menurunkan brand image bisnis Anda.
6. Jangkauan Pemasaran
Dalam hal jangkauan pemasaran omnichannel akan jauh lebih luas daripada multichannel. Dengan omnichannel Anda bisa menjangkau semua pelanggan potensial dari berbagai channel. Berbeda dengan multichannel yang hanya fokus pada beberapa jangkaun saja.
7. Tingkat Efektivitas Penjualan Produk
Perbedaan yang terakhir adalah tingkat efektivitas penjualan produk. Tingkat efektivitas penjualan produk jauh lebih baik ketika Anda menggunakan teknologi omnichannel.
Pasalnya omnichannel bisa memberikan pengalaman pelanggan yang terkoordinir dengan baik dari awal sampai akhir interaksi.
Multichannel pun sebenarnya bisa memberikan pengalaman pelanggan yang sama dengan omnichannel. Hanya saja Anda membutuhkan manajemen yang baik dan ketelitian yang tinggi.
Jadi, omnichannel vs multichannel mana yang lebih baik? Dilihat dari perbedaannya tentu saja lebih praktis menggunakan teknologi omnichannel. Dengan teknologi ini semua saluran komunikasi bisnis Anda sudah terhubung.
Teknologi omnichannel akan memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan pelanggan. Anda bisa lebih dekat dengan pelanggan dan bisa tahu apa yang sebenarnya pelanggan Anda inginkan.
Tertarik untuk menggunakan teknologi omnichannel dalam bisnis online? Anda bisa langsung menghubungi Ethix.id. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu seputar omnichannel melalui whatsapp atau langsung kunjungi website-nya.
Ethix Indonesia
https://ethix.id/A Jakarta-based e-logistics solutions company equipped with experienced management team in warehouses industry, integrated warehouse management system with standard business process and infrastructure, ethix.id aims to ease your way in growing phase.
Contact Us
Get in touch with the right people at Ethix.id, fill out the form or message us at via Whatsapp. We’ll put you in touch with the right team
By submitting, you agree to Ethix.id Privacy Policy