Waspadai Cyber Attack! Tantangan Utama Logistik e-Commerce di Indonesia 2024

Cybersecurity atau keamanan siber adalah salah satu fokus utama dari tantangan logistik e-Commerce di Indonesia 2024.
Halo Teman Ethix! Tidak terasa kita telah memasuki tahun 2024 yang diyakini akan menjadi era keemasan perkembangan logistik e-commerce di Indonesia. Di era sekarang ini trend digitalisasi industri semakin tak terbendung, sekaligus bersama peluang dan tantangan yang menyertainya.
Dengan populasi penduduk yang besar, Indonesia memiliki potensi pasar e-commerce yang sangat menjanjikan. Selama pandemi COVID-19, transaksi e-commerce di Indonesia tumbuh hingga 23%, dengan sektor e-commerce menyumbang 72% dari total nilai ekonomi digital.Hal ini meningkatkan permintaan layanan logistik e-commerce di Indonesia.
Lantas apa saja tren dan tantangan yang akan dihadapi oleh layanan logistik e-commerce di Indonesia di tahun 2024? Mari kita bahas lebih dalam.
Digitalisasi Logistik Semakin Massif
Perkembangan teknologi makin mendorong proses logistik e-commerce berbasis digital. Administrasi dan tracking kargo kini banyak dilakukan tanpa kertas, sistem terintegrasi secara real-time, serta bantuan kecerdasan buatan. Tren ini tentu menjanjikan proses lebih efisien.
Tracking shipment pun kini hampir seluruhnya tanpa kertas (paperless) dan terintegrasi secara real-time antara seller, marketplace, vendor logistik, hingga ke konsumen. Lewat smartphone, kita bisa memantau paket dalam perjalanan hanya dengan sekali klik.
Kemudian muncul tren baru bernama Logistics 4.0 yang menggabungkan automation dan Internet of Things, misalnya warehouse robotics, self-driving vehicles, hingga drone delivery.
Otomasi Pengurusan Kargo
Salah satu wujud nyata digitalisasi logistik adalah otomasi proses administrasi dan eksekusi pengurusan kargo. Contohnya, penerbitan dokumen ekspor/impor, perizinan, hingga pengurusan pabean sekarang bisa dilakukan secara daring.
Ini tentu sangat mengurangi beban operator logistik dalam urusan dokumentasi yang biasanya memakan waktu. Prosesnya jadi lebih cepat sehingga pengiriman barang ke konsumen bisa lebih on time.
Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)
Selain otomasi proses manual, teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) juga kian dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi logistik e-commerce.
Salah satu caranya adalah dengan predictive analysis menggunakan big data transaksi dan perilaku konsumen di masa lalu. Lewat pola dan tren historis ini, perusahaan logistik bisa lebih akurat memprediksi volume kargo di masa depan.
Penggunaan AI juga bisa membantu otimisasi rute pengiriman sehingga konsumen menerima paket lebih cepat dengan biaya yang lebih hemat. Intinya pemanfaatan kecerdasan buatan dapat menghadirkan logistik yang lebih "pintar" dan efisien.
Tantangan Utama: Keamanan Siber dan Efisiensi
Meski menjanjikan berbagai kemudahan, digitalisasi logistik juga meningkatkan exposure terhadap ancaman keamanan siber. Serangan ransomware atau pencurian data bisa langsung mengganggu operasional. Grafik di bawah menunjukkan bahwa skor indeks keamanan siber Indonesia masih kalah dibanding negara-negara lainnya di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura.
Daftar negara dengan skor indeks keamanan siber tertinggi di Asia Tenggara versi NCSI (Juli 2023)
Salah satu tantangan terbesar adalah membangun sistem keamanan siber yang andal untuk melindungi data dan mencegah gangguan pada layanan logistik akibat disrupsi digital. Peretas bisa mengincar data konsumen, informasi supply chain, bahkan menyabotase sistem IT perusahaan. Jika hal ini terjadi, bisa berdampak luas pada operasional bahkan kerugian finansial.
Oleh karena itu, pengembangan cyber security wajib menjadi prioritas utama penyelenggara logistik digital. Berinvestasilah pada security solution terintegrasi serta SDM cybersecurity handal ya Teman Ethix!
Biaya Logistik yang Masih Tinggi
Isu lain adalah biaya logistik Indonesia yang masih tergolong mahal, potensi menghambat daya saing produk lokal. Beberapa penyebabnya antara lain belum optimalnya infrastruktur serta tingginya biaya di sektor transportasi dan pelabuhan.
Diperlukan terobosan inovasi model bisnis serta dukungan kebijakan pemerintah guna reformasi sektor logistik. Tujuannya tentu agar layanan lebih efisien dan memberi nilai lebih bagi pelanggan. Yuk sama-sama mewujudkan ekosistem logistik e-commerce Indonesia yang makin canggih dan kompetitif!
Siap berjuang bersama Ethix? Kunjungi halaman layanan Ethix untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi end-to-end kami yang bisa berguna untuk mengoptimalkan operasional bisnismu.
Ethix Indonesia
https://ethix.id/A Jakarta-based e-logistics solutions company equipped with experienced management team in warehouses industry, integrated warehouse management system with standard business process and infrastructure, ethix.id aims to ease your way in growing phase.
Contact Us
Get in touch with the right people at Ethix.id, fill out the form or message us at via Whatsapp. We’ll put you in touch with the right team
By submitting, you agree to Ethix.id Privacy Policy